Kamis, 14 Mei 2009

Tidak ada kata terlalu muda atau tua untuk belajar berenang

Sebelum saya membagi cara belajar renang mudah untuk anda,terlebih dahulu saya bercerita ketika saya melatih renang, ada beberapa cerita yang mungkin selama ini juga anda pertanyakan, yaitu umur berapa anak mulai berenang, dan umur berapa pula seseorang sudah tidak mungkin lagi bisa berlatih renang dari dasar??
Awalnya saya prediksikan anak umur 4 tahun adalah umur paling mudah untuk dilatih berenang, karena sudah paham jika diberi aba - aba, dan umur 45 tahun adalah umur tertua untuk belajar berenang dasar dikarenakan ...sayapun tidak tahu..hehe..Tetapi selama waktu berlalu, saya mulai mencoba melatih anak usia 3,5 tahun karena saya penasaran, ternyata dalam waktu 3 bulan saya berhasil melatih gaya dada, selanjutnya saya mencoba melatih seorang ibu usia 50 tahun dan takjub hanya dalam 12 x pertemuan sudah mahir gaya dada..oke stop sampai disini ceritanya, semoga yang masih ragu - ragu berenang karena memikirkan umur sudah tidak ada lagi, yang paling penting ada kemauan dan tekad untuk dapat berenang.

Siap untuk mulai latihan dasar.
Sebelum masuk kekolam renang sebelumnya lakukanlah pemanasan mulai dari kepala, tangan, kaki, lalu basahkan wajah, tangan pundak dan dada.
Pertama latihan pernafasan.
Caranya : tarik nafas melalui mulut, tahan, kemudian masukkan kepala kedalam air buang nafas melalui hidung secara perlahan - lahan hingga membentuk gelembung - gelembung udara, lakukan secara santai dan pelan - pelan, ulangi hingga terbiasa dan santai.peringatan pada saat menyelam jangan menahan nafas, buanglah nafas yang tertahan melalui hidung.

Kedua latihan mengapung
Caranya : kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, kedua kaki didorong keatas hingga posisi seperti berdiri dipermukaan air, tarik nafas kemudian celupkan bagian wajah saja tahan nafas dan buang perlahan - lahan melalui hidung, lakukan berulang - ulang hingga terbiasa, trik jika kedua kaki tenggelam naikan bokong keatas.

Ketiga latihan meluncur di atas permukaan air
Caranya : Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, Duduklah dipinggir kolam kedua telapak kaki menempel didinding kolam, pada hitungan ketiga dorong badan kedepan dengan kedua tangan kedepan, gerakan kaki seperti sedang berjalan dipermukaan air. ( untuk belajar mengapung, mintalah teman untuk menemani anda.)

Mulai Belajar Berenang :
Gaya Bebas dan gaya Dada adalah gaya yang paling mudah dipelajari, setiap gaya sebenarnya juga mudah dipelajari yang penting jangan pernah ada rasa takut saat diair.

okey sekarang ikuti petunjuk saya belajar renang dengan mudah..
1. duduk dipinggiran kolam, kaki menempel di dinding kolam, tarik nafas tendang kaki kedepan.
2. Gerakan kaki
a. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk)
b. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
c. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan .

 rumusnya yaitu :
1) tekuk, tendang, rapatkan,ada
2) tekuk, tendang, rapatkan,

3. Gerakan tangan

a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) masing - masing tangan menempel disisi masing - masing telinga.
b. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
c. Dari bawah perut tangan menyatu lalu Luruskan tangan kembali.
Ulangi hingga terbiasa dan mahir.

rumus tangan untuk gaya dada:
1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
dan seterusnya.

Mudah khan !

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki serta mengambil nafas
- Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
- Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas

Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas, usahakan tangan dan kaki jangan sampai saling bersamaan, tetapi selang - seling / bergantian. Kaki dan tangan jangan bersamaan membukanya tetapi harus bergantian, agar
Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).

Okey sangat mudah bukan semoga berguna yah, dan selamat bersenang - senang!!

14 komentar:

  1. wah wah wah...
    kayaknya atlet renang neh,jadi tahu byk ttng berbagai macam gaya renang!!!

    tapi aku bangga dengan gaya renang aku yaitu :
    gaya BATU...
    hahahahha...
    ^_^

    ok,tar aku coba tips na...

    BalasHapus
  2. tidak semua gaya renang gampang dipelajari. saya juga mantan perenang, menurut saya gaya kupu" adalah gaya yg paling berat tuk dipelajari. kenapa saya bilang begitu, karna saya adalah perenang dengan gaya spesialis gaya kupu". jadi saya sudah merasakan pahitnya mempelajari renang dengan gaya kupu".

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalo tidak mulai dipelajari semua yg sulit tidak akan menjadi gampang.....semangat!!!

      Hapus
  3. iya saya setuju dengan hendrik, gaya kupu-kupu lebih menguras tenaga juga, dibandingkan yanglainnya, tetapi bagi saya sering berenang jadinya bisa juga, memang awalnya takut air, tetapi karena ada keberanian dan keinginan yang kuat akhirnya jadi terbiasa dan bisa.

    http://menabungmmm.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. akan dicoba!
    terima kasih tips nya
    lumayan mudah dipahami ^^

    BalasHapus
  5. padahal sudah belajar dari dulu, koq ndak bisa bisa ya...
    aku bisanya gaya dadah, habis nyemplung dadah...ndak nongol lagi wkwkwk...

    BalasHapus
  6. artikel yang simpel dan menarik, seharusnya setelah membaca ini, orang yang berniat belajar renang bisa lebih paham betapa mudahnya berenang. salam kenal,

    http://kursusrenang.com

    BalasHapus
  7. cara agar tidak takut berenang itu gimana?

    BalasHapus
  8. Today cataract becomes a condition that affects all activities of millions of people worldwide. Nearly 50 percent of cataract causes blindness and the only treatment for this disease is surgical removal of the eye lens is white.

    Human population continues to grow around the world Lab Bahasa Murah are expected to require twice the number of cataract surgeries in the next 20 years. To prevent this, scientists are looking for ways simpler or more drugs in the treatment of cataracts.

    Scientists analyzed the genes of patients, both those who suffer from cataracts from birth or because of certain reasons. After investigation, finally found the mutation in a gene involved in the manufacturing of small molecules known as lanosterol.

    For normal people, lanosterol in normal eyes can help to prevent clotting protein that could be the cause of cataracts. To test what effect lanosterol, scientists conducted experiments on dogs suffering from cataracts.

    "There are a lot of older dogs suffer from cataract. Collaborators in China has conducted other studies of cataract. Then, we performed experiments on dogs with eye drops containing lanosterol," said an ophthalmologist at the University of California, San Diego, La Jolla, as well research associate Kang Zhang.

    After six weeks of treatment with eye drops lanosterol running, clouding the lens and the size of the cataract starts to decline. Fox News reported, the same results seen in experiments with human lens and the lens cells in a laboratory rabbit.

    "The most important implication is that we can treat cataracts only by eyedrop, not surgery. However, this is still early research. There is a need for further research and confirmation by other researchers. We will study the safety of this compound and plans to conduct experiments to humans for the treatment of cataracts, "said Zhang.

    BalasHapus
  9. anda ingin membuat wahan waterboom yang menyenangkan?
    kontraktor Waterboom

    BalasHapus
  10. Wah gak terasa udah lama juga blog ini, yang minat belajar renang wilayah berau dan sekitarnya bisa hubungi no hp 081348000893 tks

    BalasHapus

jangan lupa tuliskan komentarmu yah..